PERBANDINGAN TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI2

Teknik Informatika

Rekayasa Perangkat Lunak
Sistem Cerdas
Net Centric Computing
Sistem Informasi

E-Business
Sistem Pendukung Keputusan
Perencanaan & Pengembangan SI
*http://ftif.its.ac.id/ind/
Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi adalah :

* Sistem Analis pada proyek pengembangan Sistem Informasi,
* Manajer pada Departemen Teknologi Informasi suatu instansi,
* Manajer pada proyek Pengembangan Sistem,
* Administrator Database,
* Senior Programmer,
* Wirausahawan bidang Teknologi Informasi,
* Sebagai Administrator Sistem dan Web,
* Sebagai Konsultan Desain,
* Sebagai Analisis Bahasa Pemrograman,
* Sebagai Tenaga Ahli Desain Grafis,
* Database dan e-Business : membuat database dan yang berhubungan dengan bisnis,
* Programmer Analyst : sama seperti dengan sistem analis namun lebih spesifik dengan program,
* System Support,
* System Information Consultant : konsultan sistem informasi, kooperasi yang bergerak dibidang jasa berhubungan dengan sistem informasi,
* Web Developer : pembangun web lebih spesifik dengan database dan ruang lingkupnnya,
* Enterpreneur in IT Business : membuat usaha tentang IT
* IS Auditor dan auditor sistem informasi
* IS Project Manager. : memanajeri sebuah projek yang berhubungan dengan sistem infomasi
dan lainnya

Bagi lulusan Sistem Informasi yang ingin bekerja di Industri, profesi utama dari lulusan bidang Sistem Informasi adalah sbb:

Business Process Analyst. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam memahami kebutuhan bisnis dari organisasi dan menterjemahkannya dalam spesifikasi solusi. Business analyst harus mencari issue-issue penting organisasi, mencari kekuatan dan kelemahan organisasi dan saran perbaikannya, mereview dan memperbaiki requirement, spesifikasi serta proses bisnis terkait solusi yang diusulkan, dsb. Profesi ini membutuhkan pengetahuan di bidang manajemen informasi dan data, analisa dan perancangan sistem, manajemen proyek teknologi informasi, pengembangan aplikasi, serta interaksi manusia-komputer.
Application Developer. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi Sistem Informasi. Beberapa perusahaan memiliki divisi teknologi informasi yang kuat, dan mereka membutuhkan banyak pegawai yang memiliki kualifikasi dalam pengembangan aplikasi. Selain itu, posisi ini juga banyak dibutuhkan oleh software house. Trend ke depan adalah organisasi bisnis lebih fokus ke kegiatan core-nya, dan kegiatan teknologi informasi dijadikan sebagai kegiatan penunjang dan dioutsource ke perusahaan lain sehingga peluang kerja sebagai application developer sangat terbuka lebar.
Database Administrator. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan database yang dimiliki oleh organisasi, mulai dari pada saat proses implementasi database, monitoring kinerja database sampai dengan proses backup dan recovery apabila system mengalami gangguan. Profesional di bidang ini juga harus mengerti masalah infrastruktur mengingat database harus berjalan di atas satu infrastruktur yang sudah dimiliki organisasi. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang penting mengingat semua data organisasi untuk kegiatan proses bisnisnya tersimpan dalam database ini. Nilai jual akan semakin tinggi terutama untuk mereka yang memiliki penguasaan dan sertifikasi Database yang bersifat mayor seperti Oracle, Microsoft SQL Server, dll.
Database Analyst. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam melakukan perancangan database. Profesi ini berfungsi untuk menjamin bahwa rancangan database yang dibuat sudah memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam memberikan solusi-solusi terkait dengan pemilihan produk database yang sesuai dengan organisasi, termasuk bagaimana melakukan optimasi dalam pencarian informasi.
E-Business Analyst. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam menganalisa dan merancang proses bisnis organisasi secara elektronis dalam rangka peningkatan kualitas layanan dan peningkatan efisiensi. Profesi ini membutuhkan banyak pengetahuan dalam bidang arsitektur enterprise, strategi, manajemen dan akuisisi Sistem Informasi, serta manajemen proyek Teknologi Informasi.
ERP Specialist. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam penyesuaian paket software ERP terhadap proses bisnis organisasi. Sebuah software ERP yang sudah dibeli belum tentu sesuai denagn proses bisnis yang berlaku. Perlu beberapa penyesuaian dan modifikasi dan konfigurasi dari paket ERP tersebut agar bisa sesuai dengan proses bisnis organisasi. Profesi ini banyak membutuhkan pengetahuan di bidang proses bisnis umum organisasi (SDM, Pemasaran, Logistik, Accounting dan Financial) serta arsitektur enterprise.
IS/IT Auditor. Merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam melakukan<

Tags